-->

12 March 2016

Trik Memasang Otg Pada Android Keberhasilan 50%

| 12:04 PM |
Trik Memasang Otg Pada Android Keberhasilan 50% - Bagi sobat-sobat yang punya Android namun belum support Otg mungkin bisa mencoba trik di bawah siapa tau triknya bisa berhasil di Android sobat. Lalu bagaimana caranya, silahkan sobat baca dengan teliti langkah-langkahnya dan jangan terburu-buru karena terburu-buru itu tidak baik.
Ok, langsung saja kita mulai. Pertama, HH sobat harus di root terlebih dahulu. Jika sobat masih belum paham bagaimana cara melakukan Root pada Hp android sobat, sobat bisa cari di google banyak kok..:)
Ok, sebelum kita bahas lebih jauh, kita harus mengetahui dulu apa itu otg. Otg adalah singkatan dari On The Go untuk pengertianya sendiri adalah sebuah fitur yang di gunakan untuk smartphone untuk mentransfer data Hp Android ke media penyimpanan atau sebagai konektor charger usb android.

Sebenarnya apa sih keuntungan smarthone android yang support USB OTG? Jika mengenai keuntunganya maka sangat banyak sekali seperti halnya perangkat usb lainya seperti flashdisk, mouse, atau keyboard dapat dengan mudah terkoneksi secara langsung dengan hp android anda. Selain itu bagi embedded system developer, usb OTG bisa berfungsi sebagai media komunikasi data dengan board mikrokontroler, misalnya board arduino. Itulah beberapa keuntunganya.

Tapi dari beberapa keuntungan yang di dapat sayangnya tidak semua Hp Android support dengan usb otg, salah satu cara untuk mengatasinya tanpa mengganti kernel Android anda adalah dengan me"root" smartphone android, sehingga bisa mendapatkan hak akses untuk mengaktifkan permission usb host. Nah jika hp android anda sudah di root langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :

1. Pertama-tama silahkan install usb host chek jika belum punya silahkan download dibawah. Aplikasi ini fungsinya untuk untuk mengechek fungsi dari android usb host pada android anda.

 Download                         

2. Silahkan membuka aplikasinya maka akan muncul gambar seperti di bawah ini


3. Jika muncul notifikasi "usb host support is not enable on this device" itu artinya usb.host.xml tidak ditemukan pada sistem, sehingga kita perlu membuatnya secara manual.

4. Buka notepad dan copy code di bawah ini, 


<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<permissions>
<feature name="android.hardware.usb.host" />
</permissions>



lalu save dengan format file xml. Fungsi code dibawah ini untuk mengaktifkan dukungan usb host pada android anda.

5. Selanjutnya pindahkan file android.hardware.usb.host.xml ke smartphone android dan push ke etc/permissions anda juga dapat menggunakan aplikasi root explorer

6. Lalu selanjutnya silahkan buka kembali aplikasi usb host chek dan klik ree-chek kalau berhasil akan tampak seperti gambar di bawah ini.
7. Selamat anda sudah berhasil membuat smartphone anda menjadi support usb otg.

PERHATIAN..!!!
Cara yang saya terapkan di atas sudah teruji ampuh dengan Hp Evercoss A7s*. "Saya tidak menjamin trik di atas bisa work sepenuhnya" untuk semua jenis android namun tidak ada salahnya bagi anda untuk mencobanya.Jika sobat masih kurang paham dengan tutorial di atas, sobat dapat berkomentar di bawah.

No comments:

Post a Comment

Back to Top